Senin, 22 Oktober 2012

Analisa Jejaring Sosial buatan Indonesia DIGLI vs FACEBOOK




          Jejaring Sosial adalah hubungan struktur sosial yang dibentuk seperti simpul, yaitu individu-individu yang saling berhubungan di dalam suatu jaringan. Baik dari tingkat keluarga sanpai tingkat negara.
            Berbicara tentang jejaring sosial, erat kaitannya dengan dengan dunia Facebook. Facebook adalah jejaring sosial yang mulai diluncurkan pada 4 Februari 2004. Mark Zuckerberg, Wduardo Saverin, Dustin Mozkoitz dan Chirs Hughes, mereka adalah mahasiswa-mahasiswa yang menciptakan facebook. Hingga Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif.
            Perkembangan jejaring sosial melaju dengan pesat. Hingga pada 12 Agustus 2008 seorang anak negeri Dwi Pratama meluncurkan jejaring sosial DIGLI (Digital Life), yang menonjolkan ”situs pertemanan rasa Indonesia”. DIGLI mengusung misi yaitu menembak sasaran utamanya adalah penduduk Indonesia.
a.     Fitur Digli
DIGLI memiliki fitur yang lengkap. Secara umum fitur yang digunakan DIGLi standar dengan fitur-fitur jejaring sosial yang lainnya. DIGLI mempunyai dua kolom yang fiturnya disusun secara sederhana. Kolom pertama berisi Updates, My Profil, massages, setting, sign out, dan search. Pada kolom kedua yang masih termasuk header, terdapat barisan home, invite, members, album, blogs, chat, forum, videos. Yang tampak berbeda dengan jajaring sosial lain adalah, adanya kolom newest members yang didalamnya terdapat pemberitahuan secara umum siapa saja yang telah bergabung menjadi member langsung di DIGLI. Semua fitur dapat digunakan dengan baik, dan tidak ada yag error. Sehingga pengguna DIGLI tidak akan kesulitan menggunakan fitur-fiturnya.
b.    Kelemahan DIGLI dibandingkan FACEBOOK
1.      Fitur-fitur yang digunakan di DIGLI lebih sedikit dibandingkan dengan FACEBOOK.
2.      Karena DIGLI mempunyai misi dan sasaran utama penduduk Indonesia, maka jika menggunakan jejaring sosial ini, kita akan kesulitan menemukan teman dari luar negeri.
3.      Tampilan DIGLI sangat sederhana, sehingga kurang menarik. Mungkin itu menjadi salah satu alasan mengapa DIGLI kurang diminati.
4.      Penempatan fitur kurang rapi, karena hanya menggunakan dua kolom utama sehingga kurang efektif dalam penggunaannya.
c.      Kelebihan DIGLI dibandingkan FACEBOOK
1.      DIGLI merupakan buatan anak negeri yang memiliki sasaran utama yaitu Penduduk Indonesia, sehingga rasa pertemanan pun semakin rasa Indonesia. Selain itu dapat meningkatkan perekonomian negara Indonesia.
2.      Fitur didalam DIGLI sangatlah sederhana. Sehingga pengguna pemula jejaring sosial tidak akan kesulitan mengoperasikannya.
3.      DIGLI menggunaka server Indonesia, sehinnga bisa sangat mungkin dalam mengaksesnya dapat lebih cepat dibandingkan facebook.
4.      DIGLI mempunyai kolom newest member yang berisi data nama member yang baru bergabung dan diberitahukan kepada semua pengguna DIGLI. 
d.    Kemiripan DIGLI dibandingkan FACEBOOK
1.      Pada Home menampilkan Usernem dan Foto Digital.
2.      Dapat bergabung dengan Grup dan minat tertentu sesuai dengan keinginan pengguna.
3.      Dapat memperbaharui dan menulis status yang dapat dikomentari oleh teman pengguna.
4.      Adanya fitur CHAT, yang berfungsi sebagai aplikasi untuk mengobrol dengan teman. Mempunyai bentuk kolom dan Letak yang sama antara Facebook dengan DIGLI.
5.      Dapat membuat acara menggunakan kalender. Hanya penempatannya saja yang berbeda.
6.      Daftar profil DIGLI hampir sama dengan FACEBOOK.
7.      Secra keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa DIGLI sangat mirip dengan FACEBOOK. Hanya saja berbagai penampilan dan oeletaka fitur DIGLI, dibuat lebih sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa Jejaring Sosial buatan Indonesia DIGLI vs FACEBOOK

          Jejaring Sosial adalah hubungan struktur sosial yang dibentuk seperti simpul, yaitu individu-individu yang saling berhubunga...